Traveling Murah Langsung Kunjungi Tiga Negara

Phiphi Island
Btw tulisan di blog ini bukan berdasarkan urutan perjalanan yang aku lakukan, tapi berdasarkan mood ingin menulis saja. Biasanya perjalanan yang sering dilakukan justru yang jarang terpikir untuk ditulis. Tapi karena ternyata banyak yang tanya trip tiga negara dengan estimasi biayanya, aku coba mengingat lagi, karena sudah lama sekali melakukan perjalanan ini. Smoga saja bisa membantu bagi mereka yang ingin melakukan perjalanan dengan tujuan ini.

Karena judulnya traveling biaya murah, tentu saja pilihan ulasannya masih negara Asean. Sebelumnya sudah membahas Singapura , nah jika ingin perjalanannya lebih panjang, bisa tuh tinggal dilanjutkan ke Malaysia, sebagai tujuan negara kedua. Jadi bahasan di artikel ini langsung ke negara kedua dan ketiga yah.

Setelah sehari atau dua hari keliling Singapura, perjalanan dilanjutkan ke Malaysia melalui Johor Bharu. Kalau mau murah tentu saja naik bus saja. Jika kartu mrt masih berlaku di hari terakhir meninggalkan Singapura. Kartu tersebut bisa dipakai naik MRT dan berhenti di Kranji. Dari Kranji lalu naik bus 170x untuk masuk ke Johor. Setelah cap paspor, cari lagi bus nomor ini dan naik hingga akhirnya sampai di Lankin, terminal bus di Johor. Tapi jika kartu transportasi turis sudah berakhir, bisa naik bus dari Bugis, dulu terakhir saya bayar 2 dollar naik dari Bugis.

Jika sudah sampai terminal Lankin, tinggal pilih mau melanjutkan perjalanan kemana, Kuala Lumpur atau daerah lain, pas sampai bisa langsung beli tiket. Banyak pilihan bus dan jadwalnya juga ada tiap setengah jam. Selain rute KL, berbagai rute lainnya juga ada dari terminal ini. Perjalanan Johor-Kualalumpur 5 jam. Sampai di Kuala Lumpur, bus akan berhenti di TBS.

Pengamen di Bukit Bintang, Kuala Lumpur.


Dimana menginap selama di Kuala Lumpur ?
Daerah Bukit Bintang banyak menjadi pilihan wisatawan untuk menginap. Alasannya, karena disini banyak mall dan banyak yang jual makanan. Kawasan ini juga banyak pilihan hotel, dari hotel berbintang hingga bajet hotel. Untuk bajet hotel dari jalan Bukit Bintang lanjut ke Jalan Alor, disini banyak pilihan hotel bajet dan berbagai makanan murah. Bagi yang muslim untuk pilihan makanan di jalan Alor harus hati-hati karena banyak yang jual non halal.

Untuk mendapatkan transportasi untuk keliling Kuala Lumpur juga di daerah ini sangat strategis. Selain sudah dilengkapi dengan stasiun Comuter Line, sekarang juga sudah ada MRT. Kawasan ini juga dilewati jalur bus gratis Go KL yang disediakan oleh Kerajaan Malaysia, yakni Blue Line dan Green Line. Blue Line ini bisa digunakan untuk tujuan ke Kampung Baru, sedangkan yang Green Line tujuan ke KLCC. Sementara tujuan ke Petaling dan Pasar Seni menggunakan Purple Line dan Red Line tujuan ke KL Central, Masjid Negara, Chow Kit dan Masjid Jamik. Untuk rute Bus Go KL ini disetiap halte Go KL ada rutenya.

Menggunakan bus Go KL tentu cakupan wilayahnya terbatas. Karena itu sebaiknya Anda juga memiliki kartu Tauch and go yang harganya 20 RM. Kartu ini bisa digunakan untuk semua jenis transportasi yang ada, sprt MRT, LRT, Comuter dan bus. Jadi lebih praktis.

Tempat menginap sudah, sistem transportasi sudah lalu bagaimana dengan makanannya?
Biaya makan di Malaysia relatif lebih murah dibandingkan Singapura tentunya, bahkan Indonesia. Untuk rasa, karena ini negara serumpun, Kuala Lumpur salah satu kota favorit untuk berburu makanan. Selain banyak yang enak harganya juga sangat bersahabat. Beda dengan Singapura, meskipun banyak makanan enak, karena biaya hidup di Singapura lebih mahal, jadi memang apa-apa terasa lebih mahal. Sebagai catatan, kalau lagi di luar negeri jangan menghiung kurs saat mau belanja, karena bisa jadi ngak makan kalau kurs negara tersebut lebih tinggi seperti Singapura.

Destinasi wisatanya kemana saja ? Kalau waktu terbatas hanya sehari atau dua hari, saran destinasi dari saya, misalnya kalau hanya ada waktu efektif satu hari saja, ini hanya bisa keliling beberapa destinasi di dalam kota seperti Masjid Jameek, Masjid Negara, Dataran Merdeka, Pasar Seni dan mencari makanan enak di Kampung Bharu, KLCC (Kuala Lumpur City Centre). Semua destnasi ini bisa dituju dengan menggunakan Go KL, jadi hemat biaya transportasi dalam kota.  Jika Masih ada waktu satu hari lagi bisa ke Goa Cave atau Genting Highland.

Thailand

Lanjut ke negara ketiga, dari Kuala Lumpur naik bus ke Thailand, daerah perbatasannya Hatyai. Lama perjalanan berangkat malam sekitar jam 9 sampai besok paginya di perbatasan (imigrasi). Dari perbatasan ke kotanya kurang lebih satu jaman lagi. Dari Hatyai kalau mau lanjut ke wisata yang lain seperti Krabi seitar enam jaman lagi naik minibus. dan sekitar 12 jam ke Bangkok naik bus.

Waktu saya melakukan perjalanan tiga negara ini dari Hatyat saya ke Krabi karena ini memang Tujuan utama saya untuk nyebrang ke Phiphi Island hanya sekitar 1,5 jam. Dari Phiphi Island saya lanjut ke Phuket, lama perjalanan dari Phiphi Island juga 1,5 jam, karena posisi Phiphi Island ini seperti teluk diantara Krabi dan Phuket, jadi bisa diakses dari dua tempat tersebut dengan jarak tempuh yang sama. lalu dari Phuket.

Rute tiga negara ini sampai sini saja, karena keterbatasan waktu, untuk wilayah lainnya di Thailand seperti Bangkok saya melakukan trip di waktu lainnya tapi tidak lewat darat, langsung KL-Bangkok kalau mau murah tentu saja cari tiket pesawat promo, biayanya bisa lebih murah dibandingkan kalau jalan darat. Saya melakukan trip tiga negara ini dua kali, pertama kali 100 persen menggunakan kendaraan umum yang kedua ikut travel karena membawa ibuku yang tidak mungkin melakukan traveling seperti yang aku lakukan.

Untuk estimasi biaya, Thailand lebih murah dibandingkan Malaysia, atau kurang lebih sama. Untuk penginapan, Krabi dan Phuket lebih murah dibandingkan dengan di Phiphi Island. Untuk Makanan, Karena ini masuk kawasan Thailand selatan banyak komunitas muslim disini, jadi untuk makanan halal gampang nyarinya, beda dengan di Bangkok, lebih sulit tapi bukan tidak ada hanya saja lebih sedikit.

Untuk transportasi dalam kota di Krabi sama Phuket enaknya rental motor. Kalau di Phiphi ngak ada sepeda motor, semuanya orang disana jalan kaki. Sementara kalau di Bangkok naik MRT dan taksi. Happy Traveling 😎




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Masjid Kobe, Masjid Tertua di Jepang

Rincian Biaya Dua Minggu Traveling di Turki

Penginapanku Selama di Turki